Mengenal Raw Almond Milk Bersama Fructus

Sebagai pengguna media sosial Instagram, terkadang saya memanfaatkan waktu luang untuk mencari inspirasi melalui Instagram. Biasanya saya suka cari foto-foto detil pemandangan alam, desain interior, dan juga makanan. Fructus adalah salah satu merek yang saya temukan di belantara foto-foto Instagram, dan kebetulan Fructus berasal dari Surabaya -kota tempat saya dibesarkan sejak kecil. Untuk melihat foto-foto Fructus silakan langsung cek dan follow akun Instagramnya: fructus_id

Dengan foto-foto yang bersih, sederhana, dan desain logo dan botol yang bagus, saya jadi ingin tahu lebih lanjut tentang Fructus. Ternyata logo Fructus didesain oleh Adji Herdanto, adik kelas saya waktu kuliah Desain Komunikasi Visual ITS, Surabaya (ngaku-ngaku, hahaha). Fructus menjual dua produknya, raw almond milk dan smoothies, melalui media sosial Instagram. Pesanan dilakukan melalui email maupun sms dan melayani pesan antar di wilayah kota Surabaya - Sidoarjo. Berikut ini adalah wawancara saya dengan Nonik dan Denis selaku -saya sebut saja- pemilik Fructus.


Mengenal Raw Almond Milk Bersama Fructus
Foto oleh Adji Herdanto

T: Darimana muncul ide untuk mengembangkan usaha ini dan kenapa diberi nama Fructus?
J: Ide ini bermula dari kegemaran saya mengkonsumsi healthy food, dan Almond Milk menjadi pilihan saya sebagai pengganti susu sapi yang biasanya saya minum. Setelah membeli Almond Milk di beberapa tempat dan merasa kurang cocok, akhirnya saya memutuskan untuk membuat sendiri, dan ternyata mudah sekali untuk  membuatnya.

Suatu saat saya bertemu dengan teman saya, Denis. Lalu saya memberinya sebotol Almond Milk yang saya buat. Setelah diminum, ternyata dia suka sekali dengan Almond Milk buatan saya, dan dia pun berkata, “Kenapa nggak kamu jual aja Almond Milk buatan kamu, enak lho, disini juga belum banyak yang jual”. Awalnya saya menolak, karena menurut saya ‘ribet’ dan harus benar-benar serius dalam menjalankan usaha ini. Namun setelah saya pikir-pikir kembali, akhirnya saya setuju dengan usul Denis, dan kami pun mulai membuat rencana untuk membuka usaha ini.

Selain Almond Milk, kami juga menjual Smoothies. Dua tahun yang lalu Denis mempunyai usaha sampingan yaitu kedai Smoothies yang diberi nama ‘Fructus’, akan tetapi tidak dilanjutkan karena dia harus fokus bekerja. Karena sudah memiliki pengalaman sebelumnya dalam membuat berbagai macam Smoothies, kami pun yakin untuk memasukkan Smoothies dalam menu.

Dalam pemilihan nama, kami sempat bingung akan memberi nama apa, karena menurut kami nama/brand merupakan hal paling penting dalam usaha kami agar konsumen dapat dengan mudah mengenal produk kami. Akhirnya kami memakai nama kedai Smoothies milik Denis, yaitu Fructus. Fructus adalah bahasa Latin yang berarti ‘Buah’, dan nama ini dipakai karena menurut kami Fructus adalah nama yang simple, mudah untuk diingat dan diucapkan

T: Bisa diceritakan sedikit tentang apa itu raw almond milk & smoothies?
J: Almond Milk adalah minuman yang dibuat dari kacang almond. Pembuatan Almond Milk hampir sama dengan Soy Milk (susu kedelai), akan tetapi dalam membuat Almond Milk tidak menggunakan proses pemasakan seperti Soy Milk. Dinamakan Raw Almond Milk karena dalam proses pembuatannya sama sekali tidak menggunakan suhu tinggi (dimasak). Sehingga lebih fresh dan sehat karena enzim dan zat gizinya tidak rusak akibat proses pemanasan. Almond Milk dapat dijadikan sebagai pengganti susu bagi yang alergi terhadap susu sapi. Selain itu Almond Milk tidak mengandung kolesterol sehingga baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, Almond Milk juga merupakan sumber karbohidrat yang sehat dan Flavonoid yang terkandung dalam kulit almond juga berfungsi memerangi penyakit jantung.

Smoothies adalah buah atau sayur yang dihaluskan dengan menggunakan blender. Kandungan serat dalam buah dan sayur dapat membantu menyeimbangkan jumlah gula dan kalori di dalam tubuh, sehingga lebih perlahan diserap tubuh dan menyediakan energi selama beberapa waktu yang cukup lama, dan asupan serat dari buah dan sayuran dalam smoothies sangat membantu dalam proses pencernaan.

Saat ini mulai banyak masyarakat yang beralih ke pola hidup sehat, hal ini juga termasuk dalam memperhatikan makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Almond Milk dan Smoothies merupakan minuman yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti yang sudah dijelaskan diatas). Kami berharap dapat membantu masyarakat Surabaya yang ingin memulai hidup sehat melalui sebotol Almond Milk dan Smoothies yang kami jual.

T: Kesulitan apa yang dihadapi dalam menjalankan usaha ini?
J: Sejauh ini, dalam pembuatan Almond Milk tidak ada kesulitan, akan tetapi kesulitan terjadi pada pembuatan Smoothies. Terkadang kami sedikit kesulitan untuk mendapatkan buah yang kami inginkan untuk diolah menjadi Smoothies. Seperti minggu lalu, kami kesulitan saat mencari buah mangga, padahal di Surabaya sudah musim mangga dan biasanya kami dengan mudah mendapatkannya. Entah kenapa pada saat itu susah sekali mencari jenis mangga yang kami inginkan. Ketersediaan buah agak susah untuk diprediksi, walaupun sedang musimnya, kadang susah sekali untuk didapat.

Mengenal Raw Almond Milk Bersama Fructus

Mengenal Raw Almond Milk Bersama Fructus
Foto oleh Fructus

T: Bagaimana tanggapan konsumen tentang RAM dan smoothies Fructus?
J: Sejauh ini tanggapan konsumen terhadap produk kami sangat baik, karena sebagian besar konsumen kami sudah tau apa itu Almond Milk. Akan tetapi ada juga yang belum tau dan baru akan mencobanya, sehingga kami perlu menjelaskan pada mereka apa itu Almond Milk dan apa manfaatnya. Konsumen yang sudah membeli produk kami juga sangat puas dengan produk yang kami jual. Hal tersebut dapat dilihat dari testimoni mereka melalui foto yang di posting di instagram atau melalui sms/email langsung kepada kami.

T: Ada pesan khusus bagi calon pelanggan yang nantinya akan membaca wawancara ini?
J: Mulailah mengatur dan menjaga pola hidup kita, hidup yang sehat akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, baik di masa kini dan masa mendatang. 



Sehat itu menyenangkan, so... be fresh & fun with Fructus!

Comments

  1. apakah saya boleh tanya? siapakah pemilik asli perusahaan ini?
    apakah " ibu Peni Nur Palupi,S.Sos"?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mie Mapan, Rungkut, Surabaya

Daging Biksu Tong

Rayjin Teppanyaki Dining Bar