Efek Droste

Beberapa dari kalian pasti pernah mendengar nama Michel Gondry, seorang sutradara asal Perancis yang karya-karyanya menjadi inspirasi banyak seniman di seluruh dunia. Di banyak video klip dan filmnya Gondry memasukkan efek visual yang bernama efek droste. Efek ini membingungkan bagi yang tidak terbiasa karena melibatkan replikasi visual dengan rekayasa kedalaman/dimensi. Contoh yang terkenal adalah video klip Come Into My World (2001) dari Kylie Minogue , Star Guitar (2002) dan Let Forever Be (1999) keduanya dari The Chemical Brothers. 

Tapi tahukah kamu bahwa efek ini dicetuskan oleh sebuah produk cokelat asal Belanda bermerek Droste? Droste mengemas produknya di dalam karton dan juga kaleng bergambar seorang perawat wanita yang membawa nampan berisi secangkir cokelat panas dan sebuah kaleng cokelat Droste yang bergambar si perawat wanita tadi sedang membawa nampan lagi dan seterusnya sampai berulang tak terhingga. Kemasan versi ini muncul di tahun 1904 dan dipakai hingga beberapa tahun berikutnya dengan beberapa perubahan kecil.

Efek Droste

Efek serupa juga seringkali dipakai oleh seniman asal Belanda Maurits Cornelis Escher yang hiodup di era yang sama dengan kemunculan kemasan cokelat Droste. Di dunia fotografi efek droste dipakai di sampul album Ummagumma (1969) dari Pink Floyd, dan The Lamb Lies Down On Broadway (1974) dari Genesis. Efek droste dibawa lebih dalam lagi oleh film Synecdoche New York (2008) yang mengimplementasikan ide efek droste ke dalam realita dimana sang protagonis menjalani dan mereplikasi hidupnya. Konsep yang sama dipakai di video klip Bjork, Bachelorette (1998).

Saya sendiri pernah mencoba membuat karya visual yang menggunakan efek droste di dalamnya, beberapa di antaranya bisa dilihat di sini.

Comments

Popular posts from this blog

Daging Biksu Tong

Mie Mapan, Rungkut, Surabaya

Rayjin Teppanyaki Dining Bar