Memasak Dan Televisi: YouTube

Memasak Dan Televisi: YouTube

Kemunculan internet yang berkembang dengan cepat turut membuat laju informasi semakin deras. Buku resep memasak yang tadinya dijual di toko buku sekarang ada di berbagai website dan blog, dan acara memasak yang tadinya hanya ada di TV sekarang ada di kanal video digital. Beberapa acara memasak di TV juga membuat akun resmi di media berbagai media sosial, bahkan ada stasiun TV yang keseluruhan acaranya bisa di-streaming.

Sekarang setiap orang bisa membuat video memasaknya sendiri dengan alat perekam resolusi tinggi yang harganya semakin terjangkau. Gambar yang dihasilkan tidak kalah bagus dari gambar yang diambil menggunakan alat perekam mahal. Mengunggah video juga bisa dilakukan melalui mobile gadget, mudah, murah, dan cepat. Selain digunakan oleh media dan perorangan, YouTube misalnya, digunakan oleh banyak pelaku usaha restoran, produk makanan, aktivis kesehatan, hingga para Chef profesional seperti Jamie OliverMario Batali, dan Gordon Ramsay.

Ada beberapa kanal menarik di YouTube yang berhubungan dengan memasak dan industri kuliner, diantaranya:

Tastemade
Kanal ini menyajikan banyak video tentang cara memasak berbagai jenis masakan dari seluruh penjuru dunia. Tahapan memasak di kanal ini sangat jelas dan mudah dimengerti, apalagi editan dan kualitas videonya sangat bagus. Menurut saya Tastemade adalah kanal YouTube memasak yang terbaik.


Molecular Gastronomy
Kanal ini masih baru dan ketika artikel ini diketik baru punya enam video saja. Sesuai dengan namanya, kesemua video yang ada menjabarkan cara memasak dengan teknik molecular gastronomy secara sangat instruksional, dan sang peraga lebih mirip seorang ilmuwan di laboratorium daripada seorang Chef di dapur. 


Zagat
Tadinya Zagat adalah website yang berisi aneka survey (rating dan review) tentang restoran (mirip TripAdvisor tapi untuk restoran). Zagat lalu mengembangkan bisnis hingga meliputi survey tentang hotel, tempat hiburan, mal, dan beragam bisnis lain -ini menjadikan Zagat sedikit mirip Foursquare. Google membeli Zagat pada tahun 2011, sejak saat itu semua survey yang ada di Zagat diintegrasikan dengan Google Maps. 

Video-video yang ada di akun YouTube Zagat mencakup banyak hal tetapi lebih fokus pada bidang kuliner saja yaitu cara memasak, review restoran, event, dan wawancara.


Chipotle
Dalam bahasa Spanyol chipotle berarti "cabe jalapeƱo asap", sejenis olahan cabe yang sering dipakai dalam masakan Spanyol, Mexico, dan Amerika Selatan. Nama chipotle ini dipakai sebagai merek restoran waralaba Chipotle Mexican Grill yang menyajikan menu utama antara lain taco dan burrito.

Restoran waralaba ini cukup kontroversial karena kandungan nutrisi di burritonya terlalu tinggi, jadi jika kita memakan satu burrito Chipotle di siang hari hendaknya kita tidak makan lagi hingga besok pagi. Di satu sisi fakta ini bisa merugikan karena jika dikonsumsi banyak tentunya akan menjadi tidak baik, tapi jika dikonsumsi sesuai takaran gizi malah bisa mendukung diet. Chipotle mendapatkan penghargaan "America's Top 10 Healtiest Fast Food Restaurant" versi majalah kesehatan Health.

Sebagai sebuah bisnis waralaba Chipotle termasuk gencar melakukan kampanye kerjasama dengan petani dan peternak lokal serta kampanye pemakaian bahan daging dan sayuran organik. Aktivitas ini terekam dalam video-video yang diunggah ke akun YouTube resmi Chipotle.


Bondi Harvest
Kanal Bondi Harvest dipandu oleh duo pemuda Australia Guy Turland & Mark Alston, mereka mengunggah satu video memasak setiap hari Kamis. Menu yang dimasak biasanya makanan rumahan, kue, dan hindangan penutup. Sebagian besar video direkam di dapur milik Guy & Mark sendiri menggunakan kamera dari telepon seluler high-end.


Alinea Restaurant dan Next Restaurant
Sebagai restoran dengan tiga bintang Michelin, Alinea Restaurant cukup murah hati dengan mengunggah beberapa video tentang kegiatan Chef Grant Achatz (merangkap sebagai pemilik), dan banyak aktivitas "di balik layar" lain seperti diskusi tentang menu, eksperimen, proses menghias masakan, dan kesibukan di dapur.

Sukses dengan restoran pertamanya, Grant membuka restoran baru yang dinamai Next Restaurant. Restoran ini bisa dibilang eksperimental karena menyajikan satu tema menu saja dalam satu periode lalu mengganti total menunya setiap beberapa bulan sekali. Nama menu yang sedang disajikan ada di website dan calon tamu harus mendaftar dulu melalui website agar bisa menikmati menunya. Beberapa tema yang pernah diangkat adalah Paris 1906 (April - Juni 2011), Sicily (Juni - September 2012), Vegan (Mei - Agustus 2013), Chicago Steak (Januari - April 2014), dan beberapa lainnya. 

Next Restaurant menunggah video-video yang berhubungan dengan tema menu yang sedang disajikan, biasanya berupa teaser dan cuplikan menu yang siap disajikan.


Kokiku TV
Bisa ditebak bahwa kanal ini berasal dari Indonesia. Memang betul. Kokiku TV mengunggah semua video memasaknya (termasuk masakan Indonesia) dalam bahasa Indonesia. Cocok bagi kita yang kurang baik dalam menyimak bahasa Inggris, hahaha.


Masih banyak lagi kanal kuliner dan memasak lain, kalau ada yang menarik boleh lah kita berbagi informasi :)

Comments

Popular posts from this blog

Daging Biksu Tong

Mie Mapan, Rungkut, Surabaya

Rayjin Teppanyaki Dining Bar